Asyiknya Menghafal Vocabularies dengan Vocab Song!!

  
Assalamu'alaikum gaes. Gimana kabarnya nih? hehe. Sudah lama sekali saya tidak muncul lagi nih gaes. Yah sebenarnya pengen banget update setiap minggu, tapi karena banyaknya proyek yang sedang digarap, membuat ngeblog pun agak terkendala nih gaes. Tapi jangan risau gaes, karena saya akan selalu kembali dengan sharing yang menarik gaes, hehe. Dengan diiringi senyuman sang surya yang sangat indah, pagi hari ini saya akan berbagi ilmu tentang "Asyiknya Menghafal Vocabularies dengan Vocab Song!!". Sebelumnya nih apa sih vocab song itu gaes??. Apakah ini sejenis suara merdu yang dibalut dengan kalimat "OM TELOLET OM"??, hahaha. Yah memang klakson telolet ini sempat booming sob, tapi vocab song ini ga kalah menariknya sob. Jadi vocab song itu gaes kosakata bahasa inggris yang dibalut dengan lantunan musik, dimana lantunan musik ini akan membuat kita menjadi mudah untuk menghafal vocab tersebut. Saya mempunyai tim bahasa disini gaes. Jadi kita saling bertukar pikiran bagaimana supaya kosakata bahasa inggris ini tidak lagi menjadi momok yang menakutkan untuk dihafal, tetapi malah akan menjadi KETAGIHAN gaes.. hahaha. Ya semoga saja dari KETAGIHAN inilah yang dapat membuat kita semakin berkembang, terutama dalam hal belajar bahasa Inggris gaes.
    Ooops santai dulu gaes kalau mau tau wujudnya,heheh. Saya ingin sedikit cerita asal-usul vocab song ini gaes. Jadi ceritanya gini gaes, pada saat itu saya sedang duduk di bangku Aliyah atau biasa kita kenal dengan Madrasah Aliyah. Karena niat saya dari awal ingin mondok, jadi apapun resikonya harus saya hadapi. Ketika itu ada program bahasa bernama English Department Student. Tanpa berpikir lama, saya ambil satu langkah didepan untuk melihat pengumuman penerimaan anggota baru. Singkat cerita saya alhamdulillah diterima dan terus mencoba menggali potensi saya disana. EDS ini setiap tahunnya pasti merevisi vocabularies book nya. Pada saat itu saya bersama teman-teman EDS mencoba untuk membuat hal baru didalam buku tersebut. Awalnya kami merasa ragu untuk menambahkan vocabularies song didalamnya. Karena kita tau sendiri, kalau di pondok itu agak kurang peminatnya. Sempat ada perdebatan juga didalamnya. Saya sama teman saya sendiri awalnya merasa geli membuat vocab song ini. Kami seringnya menertawai diri sendiri, Kok bisa ada ide gila seperti ini??hahaha. Step by step kami buat vocab song itu gaes. Awalnya setiap orang dari kami membuat satu vocab song dan nantinya akan dipilih 5 terbaik. Tetapi karena kami kaum laki-laki merasa geli membuatnya, akhirnya kami berikan tugas ini kepada perempuan. Tak disangka ternyata mereka membuat banyak vocab song. Ada sekitar lebih dari 10 vocab song. Akhirnya kami memilih 5 terbaik. Dan Taaarraa Vocab song is already done and put in the book. Setelah kami cetak dan coba tawarkan ke teman-teman selain EDS. Mereka merespon sangat positif dan mereka meminta kami untuk membuatkannya lagi. "Yaah bikin vocab songnya lagi aja..". Mereka merasa sangat mudah untuk menghafal kosakata bahasa inggris menggunakan Vocab song ini gaes.
   The time just goes by. Sekarang saya tinggal di asrama hunian MEWAH (Mepet Sawah),hehe. Yaah asrama ini mempunyai program bilingual language juga gaes. Jadi pada tahun ini saya diberi amanah untuk mengembangkan bahasa inggris. Perbedaan karakter antara jiwa mahasiswa dan anak aliyah inilah yang terkadang membuat saya sulit untuk memutuskan racikan seperti apa yang pas untuk diterapkan disini. Setelah saya ambil beberapa masukkan dari teman-teman divisi bahasa. Saya mulai mengerti bahwasannya jiwa mahasiswa tidak dapat disamakan. Mereka ingin hal yang lebih menantang dan menarik. Akhirnya kami dari divisi bahasa memutuskan untuk tidak menyuruh merek menghafal, tetapi dengan membaca berulan-ulang mereka akan pasti menghafal. Dengan racikan seperti inilah yang telah kami jalani sudah hampir satu semester. Walaupun hasilnya masih kurang, tetapi setidaknya mereka menjadi lebih tertarik untuk mempelajari bahasa inggris. Mengambil pengalaman-pengalaman sebelumnya, dimana saya pernah membuat vocabularies book dengan racikan vocab song didalamnya. Akhirnya kami dari divisi bahasa ingin membuat suatu terobosan yakni vocabularies book yang didalamnya kami isi dengan tongue twister, idiomatic expression dan vocab song. Dari sinilah kami membuat inisiatif kepada seluruh usrah (keluarga) disini membuat minimal 2 vocab song, Jadi terkumpul lah sekitar 12 vocab song yang sebenarnya ada 16 vocab song, tetapi karena banyak halangan. Waaduhh katanya ceritanya cuma sedikit ya?? haha. Oke daripada penasaran langsung saja kita lihat vocab song nya gaes. Bila anda penasaran dengan vocab songnya..Silahkan klik disini...






Posting Komentar

0 Komentar